Membuat packaging yang aman dan murah untuk delivery memang agak sulit. Spesifikasi sebuah packaging bisa bervariasi tergantung dari jenis produk yang akan dikemas di dalamnya, cara pengiriman, dan ke mana tujuan pengirimannya. Berikut ini adalah petunjuk tentang bagaimana memilih material packaging yang akan digunakan agar barang yang diorder customer bisa sampai dengan selamat tanpa ada kerusakan.

Material Packaging harus mengutamakan produk di dalamnya
Ada berbagai macam variasi opsi packaging untuk produk, mulai dari amplop, shopping bag, box, dan lainnya. Ketika memilih packaging untuk pengiriman, atribut yang harus diperhatikan adalah dari kekuatan dan daya tahannya – yang berhubungan langsung dengan jenis produk dan apakah dikirim bersama dengan produk jenis lain atau tidak.

Untuk bisnis yang memiliki jenis produk yang banyak tidak bisa membuat hanya satu jenis dus, maka kita harus mempersiapkan beberapa jenis dus agar biayanya lebih murah dan efektif; Tetapi tetap harus diperhitungkan juga, terlalu banyak jenis packaging juga dapat mengakitbatkan tingginya biaya pembuatan dus.

Cocok untuk pengiriman oleh kurir anda
Cara kurir memperlakukan produk atau parcel yang kita kirimkan harus kita perhatikan dengan baik. Bagaimana kurir anda menumpuk barang pengiriman di gudang mereka, menjadi pembelajaran buat kita seberapa kuatkan packaging produk yang harus dibuat. Alangkah baiknya anda bisa berdiskusi langsung dengan kurir anda bagaimana packaging yang harus dibuat agar tetap kuat dan tahan saat pengiriman.

Bisa digunakan untuk pengiriman kembali

Idealnya material packaging digunakan secara efisien untuk bisa digunakan untuk pengirman kembali, hal ini bisa terjadi ketika barang yang dikirimkan cacat atau tidak sesuai dengan keinginan customer dan harus dilakukan proses retur. Selain hal ini mempermudah customer, barang yang dikembalikan juga bisa terjaga dengan aman untuk dikirimkan kembali ke gudang anda.

Brand pada packaging anda

Brang memainkan peran penting dalam penjualan anda. Seandainya dus anda tercampur dengan dus-dus lain, penjual retail anda dapat mencarinya dengan mudah karena sudah ada namanya. Pemilihan packaging bisa menjadi pisau bermata dua, maka anda harus memperhatikan hal sebagai berikut.

Contohnya :

  • Packaging disesuaikan dengan nilai produk anda. Contohnya saja anda menjual produk tas dengan harga jutaan lalu anda mengirimkan tas tersebut dengan kantong kresek yang tidak ada merknya. Apakah yang akan dipikirkan oleh customer anda?
  • Packaging yang membuat customer anda merasa istimewa. Ketika anda menjual produk kaos dengan harga di bawah seratus ribu dan anda menggunakan box mewah lalu dibungkus dengan tas goodie bag, tentu customer anda akan merasa sangat senang. Namun apakah cost yang dikeluarkan sesuai dengan budget anda?

Pengiriman internasional

Order yang dikirimkan ke tujuan internasional memiliki kebutuhan yang lebih berbeda. Pengiriman keluar negeri yang melalui laut biasanya memakan waktu lebih lama danĀ  juga barang biasanya dibanting-banting oleh kurir pengiriman. Maka dari itu anda harus mempertimbangkan dan menyiapkan packaging yang siap untuk dikirimkan secara internasional.

Sekian artikel dari kami mengenaiĀ Cara memilih material untuk packaging jangan lupa untuk cek harga dus makanan dan harga dus corrugated.

2017-10-23T03:50:19+00:00