Cara membuat packaging yang benar

Salah satu hal yang paling penting dan dapat meningkatkan penjualan produk anda adalah sebuah packaging. Buatlah packaging yang buruk maka hasil penjualan akan menjadi sangat buruk. Pandangan pertama adalah hal yang sangat krusial dan menjadi pertimbangan apakah seseorang akan membeli atau tidak membeli produk anda. Pada kesempatan ini kami akan membahas Cara membuat packaging yang benar untuk produk anda.

Sebelum kita membahasnya lebih dalam, perlu anda ketahui design yang unik dan pencitraan brand yang baik adalah kunci utama kesuksesan sebuah produk. Berikut ini adalah beberapa elemen yang perlu anda perhatikan dalam sebuah packaging.

Pastikan packaging mudah untuk dikirim

Di samping design yang harus menarik dan unik, sebuah packaging harus mampu dikirim dari kota A ke kota B tanpa terjadi banyak kerusakan pada packaging yang digunakan. Jika anda memiliki produk yang mudah pecah dan banyak, maka anda harus memprioritaskan material apa yang cocok untuk membuat packaging produk anda, harus yang kuat dan kokoh. Jika produk anda akan ditaruh dalam sebuah rak display makan anda perlu lebih berusaha memberikan display yang menarik dan kalau bisa menggunakan finishing seperti UV atau laminasi gloss agar hasil lebih menarik.

Berdasarkan penelitian para ahlis biasanya akan jauh lebih mahal untuk mengganti barang atau produk yang rusak dibandingkan anda mengeluarkan budget yang lebih tinggi untuk sebuah packaging yang kuat dan kokoh. Perlu dipertimbangkan juga apakah nilai barang yang rusak sebanding dengan harga packaging yang harus anda bayar?

Jika memungkinkan, buatlah packaging yang dapat di tumpuk sampai 2 atau 3 lapisan. Untuk produk yang cukup berat dan mudah rusak sebaiknya anda menggunakan packaging yang terbuat dari corrugated, yang merupakan gabungan dari eflute dan duplex. Untuk budget yang minimum menghasilkan perlindungan yang maksimal.

Material yang digunakan

Anda pasti tidak mau tinggal di rumah yang terbuat dari keju, baunya pasti akan sangat menyengat ketika terkena sinar matahari, sama halnya seperti produk anda, jangan di bungkus dengan packaging yang tidak sesuai.

Maksud dari pernyataan di atas adalah anda harus memperlakukan produk anda sama layaknya seperti anda memperlakukan diri sendiri dengan rasa hormat. Ketika memilih material tentunya anda ingin memakai yang terbaik, berikut ini adalah petunjuk pemilihan  material :

Ivory (dengan 2 tekstur yang berbeda pada kedua sisi) bahan yang cukup ringan namun cukup kokoh jika dibuat menjadi sebuah packaging, biasanya dipakai untuk dus makanan, kosmetik, farmasi, dan lainnya

Duplex (1 sisi berwarna putih dan sisi lainnya berwarna abu) bahan ini paling umum digunakan karena selain harganya murah, hasil cetakannya juga bagus di bagian sisi berwarna putih

Corrugated ( Biasanya adalah gabungan dari kertas duplex dengan bahan eflute) Ini adalah salah satu material yang paling kokoh dibandingkan dengan bahan-bahan lain di atas. Cocok untuk benda-benda yang cukup berat.

Pertimbangkannlah terlebih dahulu bahan mana yang paling cocok anda pakai untuk produk anda.

Ketahuilah bahwa ukuran sangat penting

Seandainya saja anda memiliki 4 jenis ukuran produk, mungkin anda bisa mendesign dua buah packaging dengan ukuran yang berbeda namun bisa mencakup keempat ukuran produk tersebut. Dibandingkan dengan membuat 4 macam ukuran packaging,  usahakan seekonomis mungkin dari segi ukuran dan design. Tidak hanya akan menghemat waktu, pemikiran tentang ukuran juga akan menghemat biaya anda dalam membuat packaging.

Berdasarkan penelitian rata-rata orang lebih memilih produk dengan ukuran packaging yang mini atau ukuran yang hemat. Sehingga mudah untuk dibawa-bawa dan tidak memenuhi koper anda. Pada kenyataanya tahun 2013  penjualan sebuah produk shampoo sachet jauh lebih tinggi omsetnya dibandingkan dengan ukuran standar yang cukup besar, dan kebanyakan orang tidak terlalu menghiraukan harga untuk sachet ukuran kecil.

Pahami Customer anda

Salah satu hal paling penting untuk diingat adalah ketika memilih packaging yang benar anda harus mengerti terlebih dahulu mengenai keinginan customer anda, ya karena mereka yang akan membeli produk anda.

Hal ini  cukup jelas tetapi ketika anda berada di posisi penjual maka anda tidak mengetahui apa keinginan mereka. Anda hanya membuat alat yang bisa membuat semuanya jadi lebih mudah. Secara simpel, anda harus mengerti apa keinginan mereka dan apa yang ingin mereka dapat dengan membeli produk anda. Sebelum anda membuat sebuah packaging pastikan anda mengetahui kebutuhan mereka.

Ergonomic

Dalam kasus ini ergonomic adalah istilah mengenai bagaiman seseorang akan membuka dan berinteraksi dengan produk anda, ini adalah salah satu bagian penting dari proses design packaging.

Tergantung dari jenis id packaging anda, maka packaging anda harus dibuat sesuai dengan ukuran dan bentuk produk, dan juga kebutuhan dari para customer. Ketika para customer memiliki kesulitan dalam membuka packaging sebuah produk, maka rasa kesal itu akan mencegah mereka untuk membeli kembali barang anda. Pastikan packaging mudah untuk diunbox atau dibuka, ini adalah salah satu elemen yang paling utama.

 

 

2017-09-28T07:18:13+00:00