tips membuat brosur

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas 10 tips dalam membuat brosur yang perlu anda perhatikan agar anda memperoleh hasil design yang maksimal dan dapat mengkomunikasikan pesan anda kepada para pelanggan anda


1. Ketahuilah terlebih dahulu tujuan anda

Ketika anda berpikir tentang bagaimana mendesign sebuah brosur, maka mulailah dengan menanyakan pada anda sendiri hal-hal apa saja yang anda ingin sampaikan dalam brosur anda. Terkadang penyebaran brosur yang tepat dapat memberikan hasil yang maksimal dan sebaliknya jika design yang dibuat tidak sesuai, maka hasil juga tidak memuaskan.

2.  Batasi penggunaan jenis huruf

Anda tidak memerlukan banyak jenis huruf ketika anda berpikir untuk membuat sebuah design brosur, hanya 1 untuk heading, 1 untuk sub heading, dan 1 untuk isi paragraf. Terkadang anda berpikir untuk menggunakan huruf yang belum pernah dipakai, justru hal ini malah mempersulit para pembaca karena mata mereka blum terbiasa dengan font tersebut. Maka dari itu gunakanlah font yang umum dan mudah dibaca.

3.  Ukuran kertas

Banyak orang mendesign dengan ukuran yang sesuai dengan keinginannya namun ukuran tersebut kadang tidak cocok atau membuang bahan ketika percetakan memotongnya dari ukuran plano, alhasil harga yang anda dapat akan menjadi lebih mahal. Maka dari itu anda harus mengkomunikasin terlebih dahulu ukuran-ukuran apa yang umum digunakan untuk membuat brosur kepada kami.

4. Prioritaskan Customer Anda

Anda harus memposisikan diri anda sebagai customer anda, taruhlah konten atau info yang ingin dibaca oleh para customer anda. Jangan sampai anda memberikan info yang tidak penting dan tidak sesuai untuk para customer anda.

5. Gunakan Pernyataan yang simpel

Apakah anda ingin tahu cara membuat brosur anda lebih baik dibanding brosur milik orang lain dengan produk yang sejenis. Terkadang ide yang simpel adalah yang terbaik. Jangan menaruh terlalu banyak tulisan atau informasi ke dalam sebuah brosur yang kecil karena hal itu hanya akan membingungkan para pembaca anda.

6. Buat sketsa terlebih dahulu

Tidak ada salahnya jika anda mencoba membuat gambaran brosur anda dengan menggunakan gambaran tangan  di secarik kertas karena terkadang lebih mudah memaparkan ide anda dalam bentuk tulisan atau gambaran tangan.

 

7. Warna yang sesuai

Pastikan anda menggunakan warna yang enak untuk dilihat dan tidak membuat mata silau ketika membaca. Untuk setiap hal yang dianggap penting bisa menggunakan warna yang menyala seperti warna orange karena warna tersebut biasanya cocok untuk menarik perhatian pembaca.

8. Foto yang tajam

Apabila anda menampilkan foto produk pada brosur anda, pastikan bahwa foto yang diambil dengan menggunakan kamera yang bagus dan cocok untuk photography karena ini nantinya akan memberikan kesan yang baik pula kepada para customer anda.

9. Penggunaan kata-kata

Kata-kata yang persuasif atau menarik perhatian akan memberi nilai tambah pada brosur anda, maka dari itu jangan sembarangan dalam melakukan pemilihan kata. Jangan lupa untuk selalu menggunakan bahasa yang baik dan tetap sopan meskipun agak sedikit akrab.

10. Buatlah Dummy Terlebih Dahulu

Yang terakhir dan tidak kalah penting adalah anda harus membuat terlebih dahulu dummy atau contoh terlebih dahulu menggunakan printer biasa agar anda bisa melihat sendiri hasilnya, apakah kata-katanya terbaca? apakah warna yang digunakan cocok untuk dipandang? apakah ukuran sudah sesuai?

Sekian 10 tips membuat brosur dari kami.

2017-09-25T09:39:17+00:00