Brosur merupakan salah satu alat marketing yang paling berguna untuk memasarkan bisnis, brand, produk, dan juga servis anda kepada masyarakat. Bahkan hampir tidak ada perusahaan di dunia yang tidak menggunakan brosur untuk menyebarkan pesan, informasi kepada pelanggan lama atau bahkan lagganan prsopektif mereka.

Pembuatan design yang simple maupun rumit, anda dapat menceritakan bisnis, produk, dan servis anda. Dari Cover pembuka sampai pada cover penutup brosur harus diakhiri dengan alamat atau no telepon atau bisa juga website yang dapat dihubungi. Selain itu voucher atau kupun biasanya menjadi salah satu pelengkap dari brosur yang biasanya diselipkan di tengah-tengah.

Agar brosur dapat dibaca dan diterima oleh masyarkat atau calon pelanggan anda, maka pendistribusian atau membagikannya harus dengan cara yang benar. Ada banyak cara untuk membagikan brosur, tetapi tergantung dari banyak elemen mulai dari daerah tempat anda membagikan, target audience yang tepat, tujuan pembagian brosur dan budget yang sesuai dengan program anda.

Di bawah ini kami akan membagikan beberapa ide dalam mendistribusikan brosur. Tidak semuanya bisa diaplikasikan kepada setiap bisnis. Anda dapat memilih beberapa yang sesuai dan bisa diterapkan dalam bisnis anda.

 

1. Letakan dalam packaging produk 
Jika anda menjalankan bisnis online dan mengirimkan produk anda melalui jasa paket seperti JNE, J&T dan lainnya, salah satu cara yang paling efektif adalah menyelipkan brosur pemasaran anda ke dalam paket produk yang akan anda kirimkan, biasanya brosur dibuat dengan penawaran spesial, voucher, dan juga lainnya.

2. Pajang brosur pada bagian resepsionis 

Salah satu hal yang paling mudah adalah dengan memajang brosur pemasaran anda pada bagian resepsionis, karena daerah tersebut adalah tempat yang paling pertama dikunjungi oleh para pelanggan anda. Biasakan untuk menawarkan brosur kepada pelanggan anda, sehingga mereka tidak merasa segan untuk mengambil dan membacanya.

3. Pajang brosur anda  di area bisnis

Cobalah mengajukan kerja sama dengan tempat2 yang banyak dikunjungi orang, misalnya tempat gym, mall, pusat perkantoran. Tawarkan untuk bisa memasang brosur anda di display acrylic yang mereka miliki. Terkadang banyak pelanggan yang sedang jalan-jalan sambil melihat-lihat display tersebut.

4. Kirimkan Brosur Anda

Biasanya brosur bisa juga dikirimkan langsung pada customer di area tertentu, untuk melakukan ini anda dapat bekerja sama dengan agen distribusi brosur, biasanya mereka menarifkan harga tertentu untuk jumlah brosur tertentu. Atau anda bisa langsung membagikannya sendiri dengan memasukan ke kotak pos di rumah-rumah.

5. Membagikan brosur di pameran

Jika anda ikut serta dalam sebuah acara pameran atau exhibition, pastikan anda memiliki bermacam alat marketing, bukan hanya brosur. Anda bisa menaruh brosur anda di tempat yang paling banyak dilewati pengunjung, biasanya di bagian pintu masuk, akan lebih bagus jika anda mempekerjakan SPG untuk membagikannya di tempat.

6. Berkolaborasi dengan rekan bisnis anda

Carilah rekan bisnis yang usahanya masih berhubungan dengan anda, misalnya saja anda memiliki bisnis dekorasi wedding, anda bisa bekerja sama dengan hotel-hotel yang menyewakan tempat untuk wedding. Anda bisa menitipkan brosur anda di kantor konsultan penyewaan tempat wedding mereka, cara ini jauh lebih tertarget dan efektif.

7. Membagikan brosur di jalanan

Ini adalah salah satu cara yang paling umum namun paling mudah dijalankan, anda dapat membagikan brosur di lampu stopan. Selain mudah cara ini paling umum digunakan oleh para pembagi brosur.

8. Pembagian brosur saat opening

Pada saat opening toko atau gerai baru biasakan untuk membagikan brosur yang informatif, agar customer prospektif anda aware bahwa toko anda telah dibuka dan menjual produk atau servis yang mereka perlukan.

Semoga artikel 8 cara efektif membagikan brosur bisa bermanfaat bagi anda semua

2017-09-27T03:28:30+00:00